kwmedley.com
Berita

Penyelesaian Masalah Lahan 2.806 Hektare di IKN: Pendekatan Beragam Melalui Program PDSK Plus

kwmedley.com – Di Ibu Kota Nusantara (IKN), sebanyak 2.806 hektare lahan masih menghadapi berbagai permasalahan. Untuk mengatasi hal ini, Raja Juli Antoni, Plt Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN), telah menggelar rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dalam rapat tersebut, telah dibahas tentang program Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) plus yang dirancang untuk menyesuaikan dengan kondisi spesifik setiap area yang terdampak.

Detil Program PDSK Plus

Program PDSK Plus ini mencakup berbagai solusi adaptif, termasuk relokasi penduduk, pembangunan rumah tapak atau rumah susun, serta kompensasi untuk lahan pertanian yang terkena dampak. “Setiap solusi akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lokal, tidak ada pendekatan yang digeneralisir,” terang Raja saat konferensi pers di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (10/6/2024).

Perbedaan Pendapat tentang Kebutuhan Perpres

Sementara itu, Plt Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono, menekankan bahwa untuk menangani masalah lahan ini, tidak diperlukan Peraturan Presiden (Perpres). “Kami yakin dengan alat hukum yang ada saat ini, program ini dapat dijalankan,” ucap Basuki. Namun, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, mengungkapkan pendapat berbeda. Menurut Luhut, penanganan masalah lahan ini memerlukan dua Perpres, yaitu mengenai lahan dan pelaksanaan PDSK Plus yang lebih komprehensif termasuk pembangunan infrastruktur.

Tindak Lanjut dari Presiden

Luhut juga menambahkan bahwa Presiden telah memberikan arahan untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat. “PDSK Plus akan dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden, dan Perpres terkait sedang disiapkan oleh Pak Raja bersama dengan Sekretariat Negara,” tutup Luhut.

Dengan pendekatan yang komprehensif dan adaptif, program PDSK Plus diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan lahan di Ibu Kota Nusantara, sekaligus memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat setempat.

Anda mungkin juga suka...