kwmedley.com
Berita

Serangan Roket Hizbullah Skala Besar Guncang Israel Utara: Respons atas Pembunuhan Komandan oleh Pasukan Israel

kwmedley.com – Hizbullah telah melancarkan serangan roket besar-besaran yang dianggap sebagai salah satu yang terbesar terhadap Israel utara, sejak konflik Gaza meletus. Pada hari Rabu, grup militan tersebut menembakkan lebih dari 200 roket, menanggapi pembunuhan komandan senior mereka, Taleb Abdullah, oleh Israel di Lebanon tenggara pada malam sebelumnya.

Serangan ini meningkatkan kekhawatiran tentang eskalasi konfrontasi militer lanjutan antara Israel dan Hizbullah, dengan kedua belah pihak menyatakan kesiapan mereka untuk konflik yang lebih luas. Menurut laporan dari Al-Jazeera, sekitar 215 roket telah diluncurkan dari Lebanon, memicu peringatan sirene di banyak komunitas di utara Israel. Meskipun sistem pertahanan Israel berhasil mencegat banyak roket, beberapa berhasil mengenai target, menyebabkan kebakaran.

Sejauh ini, laporan tidak mencatat adanya korban jiwa dari serangan tersebut. Militer Israel telah mengonfirmasi kematian Abdullah dan tiga anggota Hizbullah lainnya dalam serangan yang terjadi pada Selasa. Grup yang berbasis di Lebanon tersebut, yang memiliki kaitan erat dengan Iran, juga mengkonfirmasi bahwa Abdullah tewas dalam serangan udara di Jouaiyya.

Abdullah, yang juga dikenal dengan nama Haji Abu Taleb, merupakan komandan dari divisi Hizbullah yang bertanggung jawab atas area barat dekat perbatasan Israel hingga Sungai Litani. Sejak konflik dimulai pada 7 Oktober, dia adalah tokoh penting kedua yang tewas setelah wakil kepala unit elit Radwan, Wissam al-Tawil, yang terbunuh dalam serangan udara Israel di Lebanon selatan pada Januari.

Hizbullah, dalam upayanya untuk menantang dominasi Israel di atas langit Lebanon, telah melakukan beberapa serangan rudal terhadap pesawat tempur Israel dalam minggu ini. Meskipun militer Israel mengkonfirmasi insiden tersebut, mereka menyatakan bahwa tidak ada kerusakan yang dialami oleh pesawat mereka.

Anda mungkin juga suka...